Jelang Pilkada NTB Serahkan DP4 dan DAK2 Ke KPU

“Pemerintah daerah diberikan tugas oleh menteri dalam negeri, sesuai amanat UU, untuk melaksanakan beberapa hal yang terkait dengan pemilukada. Salah satunya adalah menyelesaikan DP4 dan DAK2,” kata Zainul Majdi.

Mataram, Aktual.co — Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat menyerahkan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) dan Data Agregat Kependudukan per Kecamatan (DAK2) kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) NTB.

Gubernur NTB Muhammad Zainul Majdi mengatakan penyerahan DP4 dan DAK2 itu merupakan salah satu tahapan dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah di NTB yang akan berlangsung Mei 2013 mendatang.

Zainul memberikan apresiasi kepada Dinas Sosial Kependudukan dan Catatan Sipil serta dukcapil Kabupaten/Kota se NTB yang telah menyelesaikan DP4 guna keperluan pemilukada tersebut.

“Pemerintah daerah diberikan tugas oleh menteri dalam negeri, sesuai amanat UU, untuk melaksanakan beberapa hal yang terkait dengan pemilukada. Salah satunya adalah menyelesaikan DP4 dan DAK2,” kata Zainul Majdi saat menyerahkan DP4 dan DAK2 kepada Ketua KPU NTB Fauzan Khalid di Kantor Gubernur NTB, Mataram, Rabu (10/10).

Penyerahan DP4 dan DAK2 itu disaksikan langsung Ketua KPU Pusat Husni Kamil Manik dan sejumlah penjabat di lingkungan Setda NTB.

Kehadiran Husni Kamil Manik di NTB juga untuk membuka acara pembinaan teknis aplikasi DPTOLS yakni aplikasi komputer untuk memisahkan data pemilih seperti pemilih ganda, termasuk untuk memisahkan data orang yang telah meninggal.

Zainul mengatakan dengan penyerahan DP4 dan DAK2 itu dapat memberi kontribusi bagi keberlangsungan pemilukada baik pemilihan gubernur dan wakil gubernur NTB, pemilihan bupati dan wakil bupati Lombok Timur dan pemilihan wali kota dan wakil wali kota Bima pada Mei 2013 mendatang.

Dia berharap DP4 dan DAK2 itu dapat berdampak positif bagi pelaksanaan pemilukada di NTB.

Sementara itu Ketua KPU NTB Fauzan Khalid mengatakan DP4 dan DAK2 tersebut selanjutnya menjadi dasar untuk penyusunan Daftar Pemilih Sementara. Kemudian pada 22 Maret 2013 akan ditetapkan sebagai Daftar Pemilih Tetap. Menurutnya, penyusunan DPT harus dilakukan semaksimal mungkin sehingga tidak menjadi objek gugatan pemilukada.

“DPT ini kerap menjadi objek gugatan, diantaranya ada warga yang tidak terdaftar dalam DPT sehingga menuntut kami untuk memperbaiki data semaksimal mungkin,” ujarnya.

Fauzan mengatakan dalam pemutakhiran data pemilih yang kurang optimal yang disebabkan oleh perbedaan data kependudukan perlu diantisipasi. Antisipasi tersebut dilakukan untuk mencegah terjadinya gugatan pemilukada yang berpotensi menimbulkan konflik.

Berdasarkan data yang diserahkan pemerintah NTB ke KPU, DP4 di NTB berjumlah 3.889.749 pemilih. Sedangkan DAK2 yang diserahkan Pemda NTB mencapai 5.416.473 pemilih. Jumlah tersebut tersebar di seluruh kabupaten/kota di NTB.

Pilgub NTB dilaksanakan berbarengan dengan pemilihan bupati dan wakil bupati Lombok Timur serta pemilihan wali kota dan wakil wali kota Bima pada 13 Mei 2013 mendatang. Sesuai jadwal KPU, tahapan awal akan dimulai pada 13 Nopember 2012.

Sumber:

http://www.aktual.co/politik/150110jelang-pilkada-ntb-serahkan-dp4-dan-dak2-ke-kpu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: